RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(rpp 2)
School : sman 3 painan
Subject : mathematic
Class/sms : x / 2
Time : 2 x 45
Standard Competence
5. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Basic Competence :
5.2. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri.
Indicators :
1. Menggunakan aturan sinus, aturan kosinus.
2. Menghitung luas segitiga dalam penyelesaian soal.
Times location : 2 X 45’ (1 X pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat memahami penggunaan aturan sinus,cosinus dan rumus luas segitiga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Peserta didik dapat menggunakan aturan sinus, aturan kosinus, dan rumus luas segitiga dalam penyelesaian soal.
B. Materi Ajar
Aturan sinus, aturan kosinus, dan rumus luas segitiga.
C. Metode Pembelajaran
· Ceramah,
· Tanya jawab,
· Latihan terbimbing dengan model kooperatif Number Head Together (NHT)
D. Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan | Waktu | Nilai Karakter |
Pendahuluan : pertemuan 1 ( 2 x 45’ ) Orientasi : Baca AL Qur’an , berdo’a, jika dimulai jam 1 Absensi, memusatkan perhatian siswa. Apersepsi : Mengingat kembali sudut-sudut istimewa Motivasi : - Apabila materi ini dikuasai dengan baik , maka siswa dapat menggunakan ilmu ini untuk menentukan luas segitiga sembarang - Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan mudah menghadapi materi kelas XI dan XII yang berkaitan dengan trigonometri - Guru menyampaikanSK, KD dan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti : a) Guru meminta siswa memberikan contoh bentuk segitiga dan penggunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari . (Eksplorasi). b) Dengan cara induktif, melalui penjelasan siswa diarahkan menentukan aturan sinus, kosinus dan rumus luas segitiga. (Eksplorasi dan Elaborasi ) c) Beberapa orang Siswa diminta untuk menyebutkan aturan sinus, kosinus dan rumus luas segitiga (Eksplorasi). d) Siswa dibagi perkelompok sesuai dengan tingkat kemampuan, tempat duduk yang terdekat serta masing-masing siswa diberi nomor dan guru menjelaskan aturan dari model pembelajaran yang akan diterapkan. e) Siswa diminta berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menyelesaikan soal-soal dan melakukan tutor sebaya dalam kelompok (Elaborasi ). guru berkeliling membimbing siswa. f) Beberapa orang siswa diminta mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas sesuai dengan nomor lot yang dicabut siswa(Elaborasi). g) Guru memberikan penguatan berupa pujian dan penghargaan kepada siswa yang telah menjawab di papan tulis (Konvirmasi)dilakukan berulang-ulang sesuai dengan no lot tercabut. h) Siswa diminta mengerjakan soal-soal pada buku Mathematics Erlangga karangan Sartono (Elaborasi).lat 11 Penutup : 1. Guru membimbing siswa merangkum pelajaran. 2. Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap materi yang dipelajari, 3. Guru memberikan tugas terstruktur. 4. Siswa disuruh mempelajari materi berikutnya, yaitu . | 5’ 10’ 15’ 50’ 10’ | - Toleransi Kepatuhan Kesadaran Kepatuhan Disiplin Kejujuran Tanggung jawab Kerjasama kemandirian Tanggung jawab Tanggung Jawab |
Sumber:
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA ERLANGGA Kelas X Karangan Sartono , dkk.
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA ERLANGGA Kelas X Karangan , dkk.
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA YUDISTIRA Billingual Kelas X Karangan Marwanta, S.Pd, dkk.
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA BUMI AKSARA Kelas X Karangan , dkk.Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- Spidol
F. Penilaian
Teknik : tugas individu, Tugas Kelompok.
Bentuk Instrumen : uraian singkat,pengamatan.
Contoh Instrumen Uraian Singkat
· Diketahui segitiga ABC dengan sisi a =2, c = 4, dan . Jika segitiga tersebut bukan segitiga sama kaki, maka panjang sisi b adalah......
Painan, 5 Januari 2012
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
YUNAFRIZAL YR, S.Pd, M.Si MUSLIM ARIF, S.PdI
NIP. NIP.19820927 200902 1 003
Bahan Ajar
1. Aturan Sinus
C
b a
A
c B
Pada Segitiga ABC Maka :
Contoh :
Misal pada segitiga ABC, sudut A = 900 , sudut B = 30 cm, AC = 3 cm Tentukan BC
Jawab:
C
A B
½ BC = 3
BC = 6
2. Aturan Kosinus dalam suatu segitiga
Contoh:
Pada segitiga ABC diketahui sudut A = 600, b= 10 cm, dan c=16 cm. Hitunglah panjang sisi a ?
Jawab.
= 100 + 256 – 320 (1/2)
= 196
a= 14 cm
3. Luas Segitiga
b a
|
D
Luas segitiga ABC = ½ bc sin
= ½ ab sin
= ½ ac sin
Atau
Luas segitiga ABC =
Dengan s = ½ (a+b+c)
Contoh :
Hitunglah Luas Segitiga ABC jika diketahui a= 16cm, b = 14 cm, dan c = 10 cm !
Jawab
Luas segitiga ABC =
S = ½ ( 16 + 14 + 10 )
= 20
=
=
= 40
Contoh Instrumen Pengamatan
PENILAIAN INDIVIDU
NO | NAMA SISWA | Kriteria Penilaian | KETERANGAN | ||
Bertanya | Memberikan Jawaban | Kreatifitas di Kelompok | |||
1 | Afryan Kurnia Setiawan | | | | |
2 | Dara Kencana | | | | |
3 | Dini Wariska | | | | |
4 | Fatimah Sholeha | | | | |
5 | Frassetyo Elhadi | | | | |
6 | Islamiah Harjuni P | | | | |
7 | Kurnia Hidayat | | | | |
8 | Mardiah Oktarina | | | | |
9 | Mega Salma | | | | |
10 | Nadilla | | | | |
11 | Nurmalisah Putri | | | | |
12 | Ramdha Alfarabi R | | | | |
13 | Rayvo Rahmatullah | | | | |
14 | Resma Wahyuni | | | | |
15 | Reza Agusti | | | | |
16 | Riki Maha Putri | | | | |
17 | Roby Hamdika P | | | | |
18 | Sectioly Sandra | | | | |
19 | Suel Mutia Islamiah | | | | |
20 | Tiza Nurhamdah H | | | | |
21 | Wilfa Husnah | | | | |
22 | Yoandra Laxmana | | | | |
23 | Yosmines Havivah S | | | | |
24 | Zahran Mufid. SL | | | | |
Painan, Februari 2012
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
YUNAFRIZAL YR, S.Pd, M.Si MUSLIM ARIF, S.PdI
NIP. NIP.19820927 200902 1 003
PENILAIAN KELOMPOK
NO | NAMA KELOMPOK | ASPEK PENILAIAN | JUMLAH | KET | |
KEKOMPAKAN | KREATIVITAS | ||||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
6 | | | | | |
Painan, Februari 2012
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
YUNAFRIZAL YR, S.Pd, M.Si MUSLIM ARIF, S.PdI
NIP. NIP.19820927 200902 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar