SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Sabtu, 08 Oktober 2011

RPP


RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)


                                    Nama Sekolah          :     SMAN 3 PAINAN
                                    Mata Pelajaran         :     MATEMATIKA
                                    Tahun Pelajaran        :     2011/2012
                                    Program                    :     IA
                                    Kelas/Semester         :     X/ 1 (satu)



STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar dan logaritma

I.       KOMPETENSI DASAR
         1.1    Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma
         1.2    Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar dan logaritma

II.     INDIKATOR
1.      1.      Mengubah pangkat negatif ke positif dan sebaliknya
         2.      Mengubah bentuk akar ke pangkat dan sebaliknya
         3.      Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar
         4.      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional.
         5.      Merasionalkan bentuk akar
         6.      Mengubah bentuk pangkat ke logaritma dan sebaliknya
         7.      Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
         8.      Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan log.
2.      1.      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar, pangkat dan logaritma.
         2.      Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk-bentuk pangkat, akar dan log.

III.    MATERI POKOK
·               Pangkat, akar dan logaritma
        
IV.    ALOKASI WAKTU      :        16 x 451 (8 x pertemuan)

V.     TUJUAN PEMBELAJARAN
         1.      Peserta didik dapat mengubah pangkat negatif ke positif dan sebaliknya
         2.      Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke pangkat dan sebaliknya
         3.      Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar
         4.      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional.
         5.      Merasionalkan bentuk akar
         6.      Mengubah bentuk pangkat ke logaritma dan sebaliknya
         7.      Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
         8.      Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan log.
2.      1.      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar, pangkat dan logaritma.
         2.      Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk-bentuk pangkat, akar dan log.
PERANGKAT                   :     Buku Matematika dan sumber lain



PERTEMUAN  I               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101




101




151


101



101



101



101


·     Memberikan motifasi
·     Apersepsi, mengingat kembali tentang pangkat tak sebenarnya


·     Membimbing siswa menentukan pangkat bulat positif



·     Memberikan bimbingan seperlunya


·     Membimbing siswa untuk menemukan pangkat bulat negatif


·     Memberi penjelasan dan bimbingan dalam menyelesaikan soal-soal pangkat bulat negatif

·     Menjelaskan bentuk akar rasional dan irasional


·     Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan

Mendengarkan penjelasan guru dan menjawa pertanyaan yang diajukan

Dengan bimbingan guru siswa menentukan pangkat bulat positif


Menyelesaikan soal-soal pangkat bulat positif

Siswa berusaha menemu kan pangkat bulat negatif

Menyelesaikan soal-soal bulant negatif


Memperhatikan, dan bertanya bagi yang tidak mengerti

Mengambil kesimpulan


-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku Matematika Kelas X



PERTEMUAN  2               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101




451




251




101





·     Apersepsi, mengingat pangkat bulat positif dan negatif



·     Membimbing siswa menentukan pangkat rasional melalui contoh soal



·     Memberikan bimbingan seperlunya




·     Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan.

·     Memberikan PR



Mengulangkan kembali pangkat positif dan negatif


Memperhatikan bertanya bagi yang tidak memahami, mencatat seperlunya

Menyelesaikan soal-soal pangkat rasional negatif-positif sebaliknya

Membuat kesimpulan


Menyelesaikan PR


-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku Matematika Kelas X
PERTEMUAN  3               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101

401







201



151



151

·     Membahas PR

·     Dengan melibatkan siswa guru menjelaskan penjumlahan, pengurang dan perkalian bentuk akar melalui contoh-contoh soal




·     Memberikan soal dan membimbing siswa dalam menyelesaikan.






·     Mengarahkan siswa membuat kesimpul an




Memperhatikan, bertanya bagi yang kurang jelas, menjawab pertanyaan dan mencoba menyelesaikan soal-soal dan membuat catatan yang perlu

Diminta beberapa orang siswa menyelesaikan soal kedepan

Menyelesaikan soal-soal secara individu dan berkelompok

Melalui diskusi siswa membuat kesimpulan

-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku  Matematika Kelas X

PERTEMUAN  4               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101




451



301



51





·     Membahas PR yang sulit
·     Siswa diingatkan kembali tentang bentuk akar dan operasi pada bentuk akar.

·     Dengan tanya jawab dijelaskan cara merasionalkan penyebut melalui contoh

·     Memberikan soal-soal, membimbing siswa dalam menyelesaikan soal


·     Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan.
·     Memberi PR


Dengan dibimbing siswa membahas PR yang sulit


Mencoba menyelesaikan soal


Siswa menyelesaikan soal-soal secara individu dan berkelompok

Melalui diskusi siswa membuat kesimpulan

-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku Matematika Kelas X

PERTEMUAN  5               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101

351







101






301



51

·     Apersepsi : Membahas PR

·     Melalui contoh-contoh dijelaskan cara merubah pangkat log sebaliknya dari akar kelog dan sebaliknya





·     Memberikan soal  buatan guru/soal dari buku sumber dan meminta beberrapa orang siswa mengerjakan kedepan dan diberi bimbingan seperlunya.


·     Membagi siswa atas beberapa kelom pok dan memberikan tugas yang diselesaikan dalam kelompok

·     Mengarahkan siswa membuat kesimpul an
·     Memberi PR



Memperhatikan dan mencobakan sendiri cara merubah pangkat ke Log, akar – Log dan sebaliknya serta membuat catatan yang perlu

Beberapa siswa mengerjakan kedepan dan yang lain memperhatikan sambil mencobakannya (boleh diskusi dengan teman)

Dengan berdiskusi siswa menyelesaikan tugas kelompoknya

Membuat kesimpulan

-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku Matematika Kelas X

PERTEMUAN  6               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101




451




251





101




Apersepsi
·     Membahas PR
·     Mengingat siswa cara merubah akar, pakar, log

·     Membimbing dan mengarahkan siswa menemukan sifat-sifat logaritma melalui contoh-contoh soal


·     Mengarahkan siswa dalam mengguna kan logaritma untuk perhitungan/ menyelesaikan soal-saol



·     Membimbing siswa membuat kesimpulan
·     Memberikan PR






Memperhatikan, bertanya sehingga siswa bisa menemukan sifat-sifat log

Dengan bertanya dan diskusi siswa menyelesaikan soal-soal tentang penggunaan sifat-sifat logaritma

Membuat kesimpulan

-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku Matematika Kelas X

PERTEMUAN  7               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101




201







401





151



51


·     Apersepsi :
-     Membahas PR
-     Mengingatkan siswa tentang pangkat  dan sifat-sifat pangkat

·     Menjelaskan cara menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat





·     Siswa dibagi atas beberapa kelompok dan diminta menyelesaikan beberapa soal



·     Memberikan beberapa soal dan meminta siswa menyelesaikannya secara individu

·     Mengarahkan siswa membuat kesimpul an







Siswa mengamati, memperhatikan penjelasan guru, kemudian mendiskusikan yang belum dipahami


Bekerja di dalam kelompoknya dengan cara diskusi menyelesaikan soal-soal yang diberikan

Menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru

-     Pena, Rol, Kertas.
-     Buku Matematika Kelas X






PERTEMUAN  8               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101



301






301





151




51


·     Apersepsi :
-     Mengingatkan kembali siswa tentang sifat akar dan logaritma

·     Menjelaskan cara menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat akar dan logaritma




·     Siswa dibagi atas beberapa kelompok dan diminta menyelesaikan beberapa soal



·     Memberikan beberapa soal dan meminta siswa menyelesaikannya secara individu kemudian guru memberikan bimbingan seperlunya

·     Mengarahkan siswa membuat kesimpul an







Siswa mengamati, memperhatikan penjelasan guru, kemudian mendiskusikan yang belum dipahami

Bekerja di dalam kelompoknya dengan cara diskusi menyelesaikan soal-soal yang diberikan

Menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru



Membuat kesimpulan

-     Pena, Rol, Kertas.
-     Buku Matematika Kelas X

                                                                                                      Painan, 1 Juli 2011

                  Mengetahui                                                                Guru Mata Pelajaran
    PLT Kepala SMAN3 Painan




         SALIM MUHAIMIN                                                     MUSLIM ARIF, S.PdI
          NP…………………..                                                 NIP. 19820927 200902 1 003


RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)


                                    Nama Sekolah          :     SMAN 3 PAINAN
                                    Mata Pelajaran         :     MATEMATIKA
                                    Tahun Pelajaran        :     2011/2012
                                    Program                    :     IA
                                    Kelas/Semester         :     X/ 1 (satu)



STANDAR KOMPETENSI


I.       KOMPETENSI DASAR
         2.1    Memahami konsep fungsi
         2.2    Menggambar grafik funsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

II.     INDIKATOR
·               Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan bukan fungsi
·               Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi.
·               Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dari bentuk aljabarnya.
·               Menggambar grafik fungsi aljabar.
·               Menentukan defenisi  positif dan defenisi negatif
·               Membuat grafik fungsi aljabar sederhana

III.    MATERI POKOK
Persamaan, pertidaksamaan dan fungsi kuadrat
·               Fungsi Kuadrat
-     Relasi dan fungsi
-     Jenis dan sifat fungsi

IV.    SASARAN HASIL BELAJAR
·               Siswa  dapat meningkatkan serta mengembangkan pemahamannya tentang persamaan, pertidaksamaan dan fungsi kuadrat
        
V.     WAKTU                    :     6 x 451 (8 x pertemuan)

VI.    PERANGKAT          :     Buku Matematika dan sumber lain



PERTEMUAN  I               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber


·     Appersepsi
·     Motivasi

Persentase
·     Guru menerangkan beda relasi dan fungsi melalui contoh.


·     Guru bertanya kepada siswa ciri-ciri relasi yang merupakan fungsi dari contoh yang diberikan

·     Guru menjelaskan jenis-jenis dan sifat-sifat serta contoh-contoh dari relasi dan fungsi

·     Siswa diberikan latihan, individu.


Penutup
·     Siswa diberikan kesempatan untuk menarik kesimpulan

·     Siswa diberikan tugas rumah atau PR






Siswa mendengarkan dengan seksama penjelasan guru

Siswa bertanya



Siswa mencatat



Siswa mengerjakan latihan sendiri.





-     Pena, Rol, Kertas.
-     Buku Matematika Kelas X


PERTEMUAN  2               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber


Appersepsi
Guru meriview PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya

Persentase
·     Guru menjelaskan cara menentukan nilai fungsi dan fungsi kuadrat sederhana.

·     Guru menggambarkan grafik fungsi kuadrat menggunakan hubungan antara nilai fungsi variabel dan nilai fungsi kuadrat

·     Guru membuat tafsiran geometris dari hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi kuadrat

·     Guru memberikan latihan terpadu pada siswa

Penutup
·     Menarik kesimpulan dan memberikan PR






Siswa mencatat, menyimak dan bertanya pada guru










Siswa diberi tugas kelompok

-     Pena, Rol, Kertas.
-     Buku Matematika Kelas X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar