RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMAN 3 PAINAN
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Program : IA
Kelas/Semester : X/ 1 (satu)
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar dan logaritma
I. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar dan logaritma
II. INDIKATOR
1. 1. Mengubah pangkat negatif ke positif dan sebaliknya
2. Mengubah bentuk akar ke pangkat dan sebaliknya
3. Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar
4. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional.
5. Merasionalkan bentuk akar
6. Mengubah bentuk pangkat ke logaritma dan sebaliknya
7. Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
8. Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan log.
2. 1. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar, pangkat dan logaritma.
2. Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk-bentuk pangkat, akar dan log.
III. MATERI POKOK
· Pangkat, akar dan logaritma
IV. ALOKASI WAKTU : 16 x 451 (8 x pertemuan)
V. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat mengubah pangkat negatif ke positif dan sebaliknya
2. Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke pangkat dan sebaliknya
3. Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar
4. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional.
5. Merasionalkan bentuk akar
6. Mengubah bentuk pangkat ke logaritma dan sebaliknya
7. Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
8. Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan log.
2. 1. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar, pangkat dan logaritma.
2. Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk-bentuk pangkat, akar dan log.
PERANGKAT : Buku Matematika dan sumber lain
PERTEMUAN I : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 101 151 101 101 101 101 | · Memberikan motifasi · Apersepsi, mengingat kembali tentang pangkat tak sebenarnya · Membimbing siswa menentukan pangkat bulat positif · Memberikan bimbingan seperlunya · Membimbing siswa untuk menemukan pangkat bulat negatif · Memberi penjelasan dan bimbingan dalam menyelesaikan soal-soal pangkat bulat negatif · Menjelaskan bentuk akar rasional dan irasional · Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan | Mendengarkan penjelasan guru dan menjawa pertanyaan yang diajukan Dengan bimbingan guru siswa menentukan pangkat bulat positif Menyelesaikan soal-soal pangkat bulat positif Siswa berusaha menemu Menyelesaikan soal-soal bulant negatif Memperhatikan, dan bertanya bagi yang tidak mengerti Mengambil kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 2 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 451 251 101 | · Apersepsi, mengingat pangkat bulat positif dan negatif · Membimbing siswa menentukan pangkat rasional melalui contoh soal · Memberikan bimbingan seperlunya · Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan. · Memberikan PR | Mengulangkan kembali pangkat positif dan negatif Memperhatikan bertanya bagi yang tidak memahami, mencatat seperlunya Menyelesaikan soal-soal pangkat rasional negatif-positif sebaliknya Membuat kesimpulan Menyelesaikan PR | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 3 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 401 201 151 151 | · Membahas PR · Dengan melibatkan siswa guru menjelaskan penjumlahan, pengurang dan perkalian bentuk akar melalui contoh-contoh soal · Memberikan soal dan membimbing siswa dalam menyelesaikan. · Mengarahkan siswa membuat kesimpul an | Memperhatikan, bertanya bagi yang kurang jelas, menjawab pertanyaan dan mencoba menyelesaikan soal-soal dan membuat catatan yang perlu Diminta beberapa orang siswa menyelesaikan soal kedepan Menyelesaikan soal-soal secara individu dan berkelompok Melalui diskusi siswa membuat kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 4 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 451 301 51 | · Membahas PR yang sulit · Siswa diingatkan kembali tentang bentuk akar dan operasi pada bentuk akar. · Dengan tanya jawab dijelaskan cara merasionalkan penyebut melalui contoh · Memberikan soal-soal, membimbing siswa dalam menyelesaikan soal · Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan. · Memberi PR | Dengan dibimbing siswa membahas PR yang sulit Mencoba menyelesaikan soal Siswa menyelesaikan soal-soal secara individu dan berkelompok Melalui diskusi siswa membuat kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 5 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 351 101 301 51 | · Apersepsi : Membahas PR · Melalui contoh-contoh dijelaskan cara merubah pangkat log sebaliknya dari akar kelog dan sebaliknya · Memberikan soal buatan guru/soal dari buku sumber dan meminta beberrapa orang siswa mengerjakan kedepan dan diberi bimbingan seperlunya. · Membagi siswa atas beberapa kelom pok dan memberikan tugas yang diselesaikan dalam kelompok · Mengarahkan siswa membuat kesimpul an · Memberi PR | Memperhatikan dan mencobakan sendiri cara merubah pangkat ke Log, akar – Log dan sebaliknya serta membuat catatan yang perlu Beberapa siswa mengerjakan kedepan dan yang lain memperhatikan sambil mencobakannya (boleh diskusi dengan teman) Dengan berdiskusi siswa menyelesaikan tugas kelompoknya Membuat kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 6 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 451 251 101 | Apersepsi · Membahas PR · Mengingat siswa cara merubah akar, pakar, log · Membimbing dan mengarahkan siswa menemukan sifat-sifat logaritma melalui contoh-contoh soal · Mengarahkan siswa dalam mengguna · Membimbing siswa membuat kesimpulan · Memberikan PR | Memperhatikan, bertanya sehingga siswa bisa menemukan sifat-sifat log Dengan bertanya dan diskusi siswa menyelesaikan soal-soal tentang penggunaan sifat-sifat logaritma Membuat kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 7 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 201 401 151 51 | · Apersepsi : - Membahas PR - Mengingatkan siswa tentang pangkat dan sifat-sifat pangkat · Menjelaskan cara menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat · Siswa dibagi atas beberapa kelompok dan diminta menyelesaikan beberapa soal · Memberikan beberapa soal dan meminta siswa menyelesaikannya secara individu · Mengarahkan siswa membuat kesimpul an | Siswa mengamati, memperhatikan penjelasan guru, kemudian mendiskusikan yang belum dipahami Bekerja di dalam kelompoknya dengan cara diskusi menyelesaikan soal-soal yang diberikan Menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru | - Pena, Rol, Kertas. - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 8 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 301 301 151 51 | · Apersepsi : - Mengingatkan kembali siswa tentang sifat akar dan logaritma · Menjelaskan cara menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat akar dan logaritma · Siswa dibagi atas beberapa kelompok dan diminta menyelesaikan beberapa soal · Memberikan beberapa soal dan meminta siswa menyelesaikannya secara individu kemudian guru memberikan bimbingan seperlunya · Mengarahkan siswa membuat kesimpul an | Siswa mengamati, memperhatikan penjelasan guru, kemudian mendiskusikan yang belum dipahami Bekerja di dalam kelompoknya dengan cara diskusi menyelesaikan soal-soal yang diberikan Menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru Membuat kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas. - Buku Matematika Kelas X |
Painan, 1 Juli 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
PLT Kepala SMAN3 Painan
SALIM MUHAIMIN MUSLIM ARIF, S.PdI
NP………………….. NIP. 19820927 200902 1 003
RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMAN 3 PAINAN
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Program : IA
Kelas/Semester : X/ 1 (satu)
STANDAR KOMPETENSI
I. KOMPETENSI DASAR
2.1 Memahami konsep fungsi
2.2 Menggambar grafik funsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
II. INDIKATOR
· Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan bukan fungsi
· Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi.
· Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dari bentuk aljabarnya.
· Menggambar grafik fungsi aljabar.
· Menentukan defenisi positif dan defenisi negatif
· Membuat grafik fungsi aljabar sederhana
III. MATERI POKOK
Persamaan, pertidaksamaan dan fungsi kuadrat
· Fungsi Kuadrat
- Relasi dan fungsi
- Jenis dan sifat fungsi
IV. SASARAN HASIL BELAJAR
· Siswa dapat meningkatkan serta mengembangkan pemahamannya tentang persamaan, pertidaksamaan dan fungsi kuadrat
V. WAKTU : 6 x 451 (8 x pertemuan)
VI. PERANGKAT : Buku Matematika dan sumber lain
PERTEMUAN I : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
· Appersepsi · Motivasi Persentase · Guru menerangkan beda relasi dan fungsi melalui contoh. · Guru bertanya kepada siswa ciri-ciri relasi yang merupakan fungsi dari contoh yang diberikan · Guru menjelaskan jenis-jenis dan sifat-sifat serta contoh-contoh dari relasi dan fungsi · Siswa diberikan latihan, individu. Penutup · Siswa diberikan kesempatan untuk menarik kesimpulan · Siswa diberikan tugas rumah atau PR | Siswa mendengarkan dengan seksama penjelasan guru Siswa bertanya Siswa mencatat Siswa mengerjakan latihan sendiri. | - Pena, Rol, Kertas. - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 2 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
Appersepsi Guru meriview PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya Persentase · Guru menjelaskan cara menentukan nilai fungsi dan fungsi kuadrat sederhana. · Guru menggambarkan grafik fungsi kuadrat menggunakan hubungan antara nilai fungsi variabel dan nilai fungsi kuadrat · Guru membuat tafsiran geometris dari hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi kuadrat · Guru memberikan latihan terpadu pada siswa Penutup · Menarik kesimpulan dan memberikan PR | Siswa mencatat, menyimak dan bertanya pada guru Siswa diberi tugas kelompok | - Pena, Rol, Kertas. - Buku Matematika Kelas X |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar