SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Sabtu, 08 Oktober 2011

RPP


RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)


                                    Nama Sekolah          :     SMAN 3 PAINAN
                                    Mata Pelajaran         :     MATEMATIKA
                                    Tahun Pelajaran        :     2011/2012
                                    Program                    :     IA
                                    Kelas/Semester         :     X/ 1 (satu)



STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar dan logaritma

I.       KOMPETENSI DASAR
         1.1    Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma
         1.2    Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar dan logaritma

II.     INDIKATOR
1.      1.      Mengubah pangkat negatif ke positif dan sebaliknya
         2.      Mengubah bentuk akar ke pangkat dan sebaliknya
         3.      Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar
         4.      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional.
         5.      Merasionalkan bentuk akar
         6.      Mengubah bentuk pangkat ke logaritma dan sebaliknya
         7.      Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
         8.      Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan log.
2.      1.      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar, pangkat dan logaritma.
         2.      Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk-bentuk pangkat, akar dan log.

III.    MATERI POKOK
·               Pangkat, akar dan logaritma
        
IV.    ALOKASI WAKTU      :        16 x 451 (8 x pertemuan)

V.     TUJUAN PEMBELAJARAN
         1.      Peserta didik dapat mengubah pangkat negatif ke positif dan sebaliknya
         2.      Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke pangkat dan sebaliknya
         3.      Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar
         4.      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional.
         5.      Merasionalkan bentuk akar
         6.      Mengubah bentuk pangkat ke logaritma dan sebaliknya
         7.      Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
         8.      Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan log.
2.      1.      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar, pangkat dan logaritma.
         2.      Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk-bentuk pangkat, akar dan log.
PERANGKAT                   :     Buku Matematika dan sumber lain



PERTEMUAN  I               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101




101




151


101



101



101



101


·     Memberikan motifasi
·     Apersepsi, mengingat kembali tentang pangkat tak sebenarnya


·     Membimbing siswa menentukan pangkat bulat positif



·     Memberikan bimbingan seperlunya


·     Membimbing siswa untuk menemukan pangkat bulat negatif


·     Memberi penjelasan dan bimbingan dalam menyelesaikan soal-soal pangkat bulat negatif

·     Menjelaskan bentuk akar rasional dan irasional


·     Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan

Mendengarkan penjelasan guru dan menjawa pertanyaan yang diajukan

Dengan bimbingan guru siswa menentukan pangkat bulat positif


Menyelesaikan soal-soal pangkat bulat positif

Siswa berusaha menemu kan pangkat bulat negatif

Menyelesaikan soal-soal bulant negatif


Memperhatikan, dan bertanya bagi yang tidak mengerti

Mengambil kesimpulan


-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku Matematika Kelas X



PERTEMUAN  2               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101




451




251




101





·     Apersepsi, mengingat pangkat bulat positif dan negatif



·     Membimbing siswa menentukan pangkat rasional melalui contoh soal



·     Memberikan bimbingan seperlunya




·     Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan.

·     Memberikan PR



Mengulangkan kembali pangkat positif dan negatif


Memperhatikan bertanya bagi yang tidak memahami, mencatat seperlunya

Menyelesaikan soal-soal pangkat rasional negatif-positif sebaliknya

Membuat kesimpulan


Menyelesaikan PR


-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku Matematika Kelas X
PERTEMUAN  3               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101

401







201



151



151

·     Membahas PR

·     Dengan melibatkan siswa guru menjelaskan penjumlahan, pengurang dan perkalian bentuk akar melalui contoh-contoh soal




·     Memberikan soal dan membimbing siswa dalam menyelesaikan.






·     Mengarahkan siswa membuat kesimpul an




Memperhatikan, bertanya bagi yang kurang jelas, menjawab pertanyaan dan mencoba menyelesaikan soal-soal dan membuat catatan yang perlu

Diminta beberapa orang siswa menyelesaikan soal kedepan

Menyelesaikan soal-soal secara individu dan berkelompok

Melalui diskusi siswa membuat kesimpulan

-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku  Matematika Kelas X

PERTEMUAN  4               :     2 x 45 menit
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Sumber

101




451



301



51





·     Membahas PR yang sulit
·     Siswa diingatkan kembali tentang bentuk akar dan operasi pada bentuk akar.

·     Dengan tanya jawab dijelaskan cara merasionalkan penyebut melalui contoh

·     Memberikan soal-soal, membimbing siswa dalam menyelesaikan soal


·     Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan.
·     Memberi PR


Dengan dibimbing siswa membahas PR yang sulit


Mencoba menyelesaikan soal


Siswa menyelesaikan soal-soal secara individu dan berkelompok

Melalui diskusi siswa membuat kesimpulan

-     Pena, Rol, Kertas
-     Buku Matematika Kelas X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar