RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMAN 3 PAINAN
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Program : IA
Kelas/Semester : X/ 1 (satu)
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar dan logaritma
I. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar dan logaritma
II. INDIKATOR
1. 1. Mengubah pangkat negatif ke positif dan sebaliknya
2. Mengubah bentuk akar ke pangkat dan sebaliknya
3. Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar
4. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional.
5. Merasionalkan bentuk akar
6. Mengubah bentuk pangkat ke logaritma dan sebaliknya
7. Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
8. Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan log.
2. 1. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar, pangkat dan logaritma.
2. Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk-bentuk pangkat, akar dan log.
III. MATERI POKOK
· Pangkat, akar dan logaritma
IV. ALOKASI WAKTU : 16 x 451 (8 x pertemuan)
V. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat mengubah pangkat negatif ke positif dan sebaliknya
2. Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke pangkat dan sebaliknya
3. Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar
4. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional.
5. Merasionalkan bentuk akar
6. Mengubah bentuk pangkat ke logaritma dan sebaliknya
7. Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
8. Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan log.
2. 1. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar, pangkat dan logaritma.
2. Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk-bentuk pangkat, akar dan log.
PERANGKAT : Buku Matematika dan sumber lain
PERTEMUAN I : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 101 151 101 101 101 101 | · Memberikan motifasi · Apersepsi, mengingat kembali tentang pangkat tak sebenarnya · Membimbing siswa menentukan pangkat bulat positif · Memberikan bimbingan seperlunya · Membimbing siswa untuk menemukan pangkat bulat negatif · Memberi penjelasan dan bimbingan dalam menyelesaikan soal-soal pangkat bulat negatif · Menjelaskan bentuk akar rasional dan irasional · Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan | Mendengarkan penjelasan guru dan menjawa pertanyaan yang diajukan Dengan bimbingan guru siswa menentukan pangkat bulat positif Menyelesaikan soal-soal pangkat bulat positif Siswa berusaha menemu Menyelesaikan soal-soal bulant negatif Memperhatikan, dan bertanya bagi yang tidak mengerti Mengambil kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 2 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 451 251 101 | · Apersepsi, mengingat pangkat bulat positif dan negatif · Membimbing siswa menentukan pangkat rasional melalui contoh soal · Memberikan bimbingan seperlunya · Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan. · Memberikan PR | Mengulangkan kembali pangkat positif dan negatif Memperhatikan bertanya bagi yang tidak memahami, mencatat seperlunya Menyelesaikan soal-soal pangkat rasional negatif-positif sebaliknya Membuat kesimpulan Menyelesaikan PR | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 3 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 401 201 151 151 | · Membahas PR · Dengan melibatkan siswa guru menjelaskan penjumlahan, pengurang dan perkalian bentuk akar melalui contoh-contoh soal · Memberikan soal dan membimbing siswa dalam menyelesaikan. · Mengarahkan siswa membuat kesimpul an | Memperhatikan, bertanya bagi yang kurang jelas, menjawab pertanyaan dan mencoba menyelesaikan soal-soal dan membuat catatan yang perlu Diminta beberapa orang siswa menyelesaikan soal kedepan Menyelesaikan soal-soal secara individu dan berkelompok Melalui diskusi siswa membuat kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
PERTEMUAN 4 : 2 x 45 menit
Waktu | Metode/Aktifitas Guru | Aktifitas Siswa | Bahan/Sumber |
101 451 301 51 | · Membahas PR yang sulit · Siswa diingatkan kembali tentang bentuk akar dan operasi pada bentuk akar. · Dengan tanya jawab dijelaskan cara merasionalkan penyebut melalui contoh · Memberikan soal-soal, membimbing siswa dalam menyelesaikan soal · Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan. · Memberi PR | Dengan dibimbing siswa membahas PR yang sulit Mencoba menyelesaikan soal Siswa menyelesaikan soal-soal secara individu dan berkelompok Melalui diskusi siswa membuat kesimpulan | - Pena, Rol, Kertas - Buku Matematika Kelas X |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar